Tuntut Pencairan Sertifikasi, Para Guru PAI Serbu Kantor Kemenag

Sumbawa, PSnews – Para guru pendidikan Agama Islam (PAI) mendatangi kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumbawa, Selasa (13/11). Mereka menuntut kejelasan pencairan tunjangan sertifikasi. Mereka terdiri dari 84 orang kuota tahun 2011 dan 26 orang guru kuota 2007 hingga 2010. Mereka mempertanyakan sejauh mana proses pencairan.

Apalagi terhadap kuota 2011 yang telah mendapatkan nomor registrasi guru (NRG) per 22 Oktober 2012, tapi belum menerima tunjangan sertifikasi.
Mereka menduga, oknum tertentu di Kemenag Sumbawa sengaja mengendapkan dokumen usulan pencairan maupun usulan NRG bagi kuota 2007 hingga 2010.

Kasi Madrasah dan Pendidikan Agama pada Sekolah Umum Kementerian Agama Sumbawa, Mahmud, S.Ag, yang dikonfirmasi, memaparkan, dalam proses pencairan tunjangan sertifikasi mengacu pada Kepmenkeu nomor 164 tahun 2010 tentang pembayaran tunjangan sertifikasi guru. Terutama pada pasal 6 ayat 1 yang berbunyi, tunjangan profesi guru diberikan terhitung mulai januari tahun berikutnya setelah yang bersangkutan mendapatkan nomor registrasi guru (NRG) dari Kementerian Pendidikan Nasional.

Ia menyatakan, Kemenag Sumbawa telah mengusulkan sebanyak 172 orang sejak kuota 2007 untuk penerbitan NRG. Tapi hanya keluar untuk kuota 2011 sebanyak 84 orang guru PNS dan 15 orang non PNS pada 22 Oktober lalu. Sedangkan 8 orang guru madrasah belum keluar NRG dan sisanya 26 kuota 2007 juga belum belum terbit NRGnya. Kemudian 23 Oktober, kembali diusulkan agar Kemendiknas segera menerbitkan NRG tersebut.

“Sisanya 26 orang ini sudah 4 kali kami usulkan penerbitan NRG. Tapi yang terbit duluan adalah kuota 2011 sebanyak 84 orang,” ujar Mahmud.

Mahmud menjelaskan, sisa 26 orang kuota 2011 sebenarnya sudah memiliki serifikat sertifikasi. Hanya saja pembayaran tunjangan profesi harus memiliki NRG yang diterbitkan Diknas. Sebelum tahun 2010 atau sebelum terbitnya Surat Kepmenkeu 164 tahun 2010, mereka telah menerima tunjangan profesi.

Di aturan terbaru, caranya berubah dan syarat utama harus memiliki NRG yang diterbitkan Kemendiknas. Terhadap hal ini Kemenag Sumbawa terus berupaya untuk mengusulkan NRG sisa 26 orang kuota 2007. (PSb)

KOMENTAR
Share Button

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, PENDIDIKAN. Bookmark the permalink.

One Response to Tuntut Pencairan Sertifikasi, Para Guru PAI Serbu Kantor Kemenag

  1. srimuliani handoyokusumo says:

    (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>