PLN Akan Bangun PLTU dan PLTA di Pulau Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Perusahan Listrik Negara (PLN) memproyeksikan pembangunan dua unit pembangkit listrik di Pulau Sumbawa. Potensi yang ada di Pulau Sumbawa khususnya di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat dianggap mampu untuk mewujudkan rencana tersebut.

Setidaknya, di Kabupaten Sumbawa akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Brang Beh Kecamatan Lunyuk. Satunya lagi di Taliwang, KSB akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Mega proyek ini nantinya ditaksir dapat mensuplai kebutuhan energi listrik tidak hanya untuk Pulau Sumbawa, tapi juga bisa mengcover Pulau Lombok.
Manager PLN Area Sumbawa, Pedi Sumanto, kepada media ini, Kamis (13/9), mengakui, meski dirinya tidak mengetahui detil rencananya, tapi rencana tersebut dipastikan akan direalisasikan oleh PLN. “Detailnya yang urus unit khusus PLN Wilayah di Ampenan, Mataram,” jelasnya.
Proyeksi PLN, potensi yang ada di Taliwang jika dibangun PLTU dapat mencapai 2 kali 7 mega watt. Sedangkan di Brang beh mencapai 20 mega watt. Khusus PLTU Taliwang nantinya akan tersalur listrik berkekuatan 70 kv. Di beberapa lokasi akan terpasang gardu induk hingga ke Bima.
Teknisnya, jelas Pedi, agar interkoneksinya stabil, sehingga di samping mampu mencukupi daya yang ada, juga mampu mendekatkan dengan penyulang yang ada di masyarakat.

Tentang rencana konstruksi, sambung Pedi, tidak lepas dari upaya pembebasan lahan dari pemerintah setempat. Kepastian lokasi menjadi hal yang sangat penting. “Sebagai user, kami berharap jangan ada kendala. Partisipasi pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan untuk rencana besar ini,” tandas Pedi. (PSb)

KOMENTAR

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>