Pilgub NTB 2013, PKS Tidak Dukung TGB dan BM

Sumbawa Besar, PSnews – DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi NTB telah merekomendasikan empat nama kandidat yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur NTB tahun 2013 mendatang. Dari empat kandidat itu, tidak terdapat nama pasangan incumbent, TGH M. Zainul Majdi atau yang akrab dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB) dan Badrul Munir.“Empat nama kandidat yang akan diusung oleh PKS, yakni Fahri Hamzah, Suryadi Jaya Purnama, Johan Rosihan dan Muharrar Mahfud,” ungkap Ketua DPD PKS Kabupaten Sumbawa, Sambirang Ahmadi yang ditemui di sekretariat DPRD Sumbawa.

Nama-nama tersebut, lanjut Sambirang, merupakan hasil godokan tim survey yang dibentuk oleh DPW PKS NTB beberapa waktu lalu.

Selain Fahri Hamzah, 3 nama lainnya merupakan pengurus di DPW PKS Provinsi NTB.

Sambirang menambahkan, PKS telah membentuk tim survey kelayakan dari empat figur yang akan diusung tersebut. Survey akan dilakukan baik di internal partai maupun eksternal partai.
“Survey internal dilakukan berdasarkan penilaian dari para kader partai terhadap figur mana yang akan dimunculkan. Sedangkan survey eksternal dilakukan oleh lembaga independen untuk mengetahui tingkat popularitas dan elektabilitas figur yang muncul di masyarakat,” jelas politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa ini.

Kemudian, sambung Sambirang, hasil dari dua survey itu akan diteruskan oleh DPW PKS Provinsi NTB ke Dewan Pertimbangan Tinggi Partai di DPP PKS.

DPP selanjutnya menetapkan siapa yang akan maju dalam Pilgub NTB 2013 mendatang melalui PKS. Sesuai rekomendasi DPW PKS Provinsi NTB, dia berharap calon yang akan maju berasal dari dari kader PKS sendiri. Sedangkan di tataran DPD PKS Sumbawa sendiri, telah melakukan proses survey internal.

“Kami lebih melihat pada kualitas figure dan bukan pada kuantitas atau kemungkinan jumlah perolehan suara,” ujarnya.

Menurutnya, skala keunggulan kandidat menjadi prioritas penilaian, yang meliputi, komunikasi politik, keunggulan melalukan lobi, interaksi dengan masyarakat dan ketaatan kepada partai.

Ditanya soal kemungkinan masuknya nama Dr. Zulkiflimansyah, menurut Sambirang nama anggota DPR RI asal Sumbawa itu tidak masuk dalam daftar bakal calon dari PKS yang akan maju pada Pilgub NTB 2013. Pasalnya, DR Zul bukan kader PKS yang mewakili Dapil NTB, melainkan dari Dapil Provinsi Banten.

Meski demikian, kata Sambirang, bisa saja nama Dr Zul muncul karena pihak DPW PKS NTB  juga melakukan survey tertutup yang hasilnya sampai sekarang juga belum diketahui.
Sekedar diketahui PKS mendapat 5 kursi di DPRD Provinsi NTB. Sementara untuk dapat mengusung satu paket pasangan calon minimal 15 persen dari jumlah kursi di DPRD. Dengan demikian PKS masih harus mencari dukungan 4 kursi lagi dari partai lain di DPRD Provinsi NTB. (rancst)

KOMENTAR

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, POLITIK. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>