Pengiriman Perawat ke Luar Negeri Terkendala Kompetensi

Sumbawa, PSnews – Belum lama ini, BNP2TKI dalam suratnya menyebutkan, bahwa tenaga keperawatan asal Indonesia sangat diminati di luar negeri. Namun, hingga saat ini belum ada tenaga keperawatan asal Kabupaten Sumbawa yang dikirim ke luar negeri. Kurangnya kompetensi tenaga keperawatan di Sumbawa, dianggap sebagai kendala utama untuk bisa dikirimkan ke luar negeri.
“Kendalanya adalah kurangnya kompetensi tenaga keperawatan yang ada di sini,” ungkap Kasubag Umum dan Kepegawaian Dikes Sumbawa, Zulkarnaen, yang ditemui Selasa, (31/7).
Belum terpenuhinya standar kompetensi perawat yang ada di Kabupaten Sumbawa, disebabkan oleh keterbatasan lahan praktek bagi para perawat. Selain itu, kurang kompleksnya kasus yang dihadapi serta minimnya informasi mengenai standar kompetensi di daerah tujuan, juga menjadi penyebab belum terpenuhinya standar tersebut.
“Kami berharap informasi terkait persoalan itu dapat diberikan secara jelas,” pintanya.
Naen menjelaskan, meski setiap perawat di Kabupaten Sumbawa telah memiliki Surat Tanda Register (STR), belum menjamin dapat lolos seleksi. Pasalnya, syarat untuk lolos seleksi adalah keahlian perawat harus sesuai dengan standar kompetensi pada daerah tujuan.
“Meski dinyatakan kompeten di sini, belum tentu bisa lolos, sebab masing-masing negara memiliki standar kompetensi yang berbeda,” imbuhnya.
Kebanyakan STR yang dimiliki oleh para perawat juga belum tentu berlaku di daerah lain. Lagi pula masih ada STR yang belum berlaku secara nasional. (PSc)

KOMENTAR
Share Button

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, PENDIDIKAN. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>