Pemuda Bungin Temukan Metode Unik Pembuatan Terumbu Karang

Sumbawa, PSnews – Keberadaan terumbu karang di pesisir utara Sumbawa kian terancam akibat ulah illegal fishing. Kendati pemerintah tidak pernah merilis tingkat kerusakan terumbu karang, namun ancaman kerusakannya dikhawatirkan semakin parah, apalagi kesadaran untuk memelihara terumbu karang terbilang masih rendah. Untuk meremajakan dan menumbuhkan terumbu karang baru, berbagai cara telah dilakukan pemerintah dengan menggandeng pihak ketiga. Tidak sedikit hasil yang dinikmati, misalnya dengan metode transplantasi maupun coral beef. Dua metode ini cukup dikenal dalam dunia perlindungan terumbu karang.

Salah seorang pemuda Pulau Bungin, Sahabuddin, bersama rekannya 6 hari terakhir berhasil menemukan metode unik untuk merangsang tumbuhnya terumbu karang. Teknik yang mereka pakai tidak menggunakan metode transplantasi maupun coral beef.
“Dalam survey terumbu karang yang kami lakukan di sekitar perairan Pulau Bungin pada Rabu sepekan silam, kami menemukan botol minuman bekas yang di dalamnya terdapat terumbu karang yang mengakar kuat dan terisi ikan kecil. Berawal dari temuannya itulah, ide untuk menciptakan metode unik tersebut dimunculkan,” ungkap Sahabuddin atau yang kerap disapa Tison Bungin itu yang ditemui Senin (23/1).
Menurut Tison, belakangan ini dirinya bersama rekan lainnya tengah focus untuk menambah habitat baru bagi terumbu karang dan ikan-ikan di perairan Pulau Bungin. Sebagai bahan atau wadah pembuatan habitat terumbu karang maupun ikan di peraian tersebut, mereka mengumpulkan botol bekas dari kios-kios warga setempat.
“Teknisnya botol kaca maupun plastic disusun dan dicor secara bersamaan dengan lebar cor 40-50 cm dan tebal 5 cm, sebelum cor-coran mengering botol-botol segera ditancapkan Saat ini kami telah membuat dan mengumpulkan kurang dari 100 botol untuk membuat cetakan,” terang Tison.
Di samping itu, untuk merangsang pertumbuhan terumbu karang, pihaknya juga menaburi bubuk besi ke dalam wadah botol sebelum ditempatkan ke dalam air laut kedalaman maksimal 3 meter.
Diakui, metode ini belum bepengaruh banyak bagi lingkungan perairan setempat. Tapi tidak menutup kemungkinan manfaatnya akan dinikmati puluhan tahun ke depan. Untuk mendukung usaha tersebut, Tison yang tergabung dalam kelompok peduli terumbu Karang Titingan tersebut mengharapkan campur tangan pemerintah dalam hal ini SKPD terkait seperti BPM-LH dan Dinas Kelautan dan Perikanan.
“Kami butuh bantuan pemerintah untuk mendukung usaha ini. Sarana penting untuk menunjang suksesnya upaya ini, diantaranya, camera underwater supaya memudahkan dalam mendokumentasikan dan control wadah di dalam air,” harapnya.(kenplr)
KOMENTAR

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, EKONOMI. Bookmark the permalink.

One Response to Pemuda Bungin Temukan Metode Unik Pembuatan Terumbu Karang

  1. teguh budiman says:

    perlu dilihat hasil aktual dari metode ini, karena secara teori dan pengalaman selama ini organisme karang hanya bisa tumbuh pada substrat keras yg mengandung calcium..untuk ikan karang memang akan berdatangan pada lokasi yg terdapat benda2 dgn lubang krn tertarik utk mrk jadikan habitat utk berlindung, mencari makan, bereproduksi dst, pada prinsipnya sama dengan rumpon

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>