Pelabuhan Teluk Santong Dibangun Tahun Depan

Sumbawa Besar, PSnews – Pada tahun 2013 mendatang pemerintah berencana akan membangun pelabuhan umum di Teluk Santong Kecamatan Plampang Kabupaten Sumbawa. Pembangunan pelabuhan umum yang menggunakan dana APBN tersebut kini masih dalam proses perampungan investigasi dan inventarisasi lahan.

Demikian disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa, Jamaluddin Afifi yang ditemui belum lama ini.

“Rencana pembangunan Pelabuhan umum di Teluk Santong semata – mata dihajatkan untuk kepentingan masyarakat dan pelaku usaha di wilayahSumbawabagian Timur. Sarana tersebut penting disediakan mengingat jarak jangkauan masyarakat maupun investor hasil bumi di wilayah timur sangatlah jauh menjual hasil pertanian mereka bila mengandalkan jalur darat saja,” ujar Jeff sapaan akrab Jamaluddin Afifi.

Kini tim yang beranggotakan 20 orang dari dinas dan instansi terkait telah melakukan investigasi dan inventarisasi lahan yang melibatkan dinas terkait dan pihak Kecamatan dan Desa. Dan pemerintah pusat mengharapkan agar pemerintah daerah menyiapkan lokasi lahan seluas 25 hektar. Jika nantinya lahan tersebut masuk dalam kawasan hutan, maka pemerintah daerah juga harus menyiapkan lahan pengganti di wilayah kecamatan lainnya.

Namun sejauh ini permasalahan tersebut tidaklah terlalu berat mengingat pemerintah daerah telah berkomitmen tinggi atas rencana pembangunan pelabuhan umum yang diperkirakan akan menelan biaya Rp. 264 milyar tersebut.

Dalam hal ini Komisi III DPRD Sumbawa mengharapkan kepada tim agar dapat bekerja sesuai harapan. Jika tim dapat menyelesaikan investigasi dan inventarisasi lahan pada bulan Juli mendatang, maka usulan pada bulan Agustus sudah dapat dimasukkan ke dalam penganggaran APBN.

Jeff menjelaskan, pelabuhan Teluk Santong rencananya akan dijadikan pelabuhan berskala besar yang memerlukan banyak fasilitas penunjang.
Bila dilihat dari letak geografis dan lokasi serta sarana penunjang yang ada saat ini.
Menurutnya, pelabuhan Teluk Santong sangat layak untuk dibangun. Hal itu juga sesuai dari hasil study  kelayakan dan letaknya yang strategis terutama untuk mengangkut hasil bumi masyarakatSumbawa di bagian timur. Demikian pula keberadaannya diharapkan dapat digunakan untuk menunjang mobilisasi perusahaan tambang yang ada diSumbawa. (jekst)

 

KOMENTAR
Share Button

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, EKONOMI. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>