Pacuan Kuda Gubernur Cup Tarik Minat Peserta luar NTB

main jaran SumbawaSumbawa, PSnews – Lomba Pacuan Kuda Gubernur Cup pertama tahun 2013 menarik minat para peserta dari luar Sumbawa bahkan dari luar NTB. Lomba ini diselenggarakan oleh Yayasan Dea Mas di Arena Pacuan Kuda Angin Laut Desa Penyaring Moyo Utara, Rabu (03/04/2013). Setidaknya tercatat kuda asal Jakarta dan Manado ambil bagian dalam lomba pacuan kuda tradisional yang ditunggangi Joki Cilik.
Ketua Panitia, Letkol. Inf. Agus Supriyanto, mengatakan, selama ini ada Bima Cup, Dompu Cup atau Sumbawa Cup, tapi kali ini penyelenggarannya di lingkup NTB diikuti sebanyak 362 kuda. Dengan rincian dari Jakarta 1 ekor, Jateng 1 ekor, Jatim 2 ekor, Manado 1 ekor, Lombok 50 ekor, Bima 120 ekor, Dompu 50 ekor. Sumbawa 122 ekor dan Sumbawa Barat 15 ekor.

“Ini upaya yang bagus. Ke depan bisa menjadi Pangdam Cup, bisa jadi Presiden Cup. Tapi cukup ironis, jokinya tanpa pelana. Apabila joki sini diorbitkan jadi joki nasional, pasti luar biasa. Tidak pakai pelana aja bisa, apa lagi pake pelana. Dengan kehadiran Gubernur diharapkan bisa mengorbitkan joki lokal di tingat nasional,” terang Agus Supriyanto yang juga menjabat Dandim 1607 Sumbawa tersebut.

Owner arena pacuan kuda yang juga anggota DPR-RI, DR Zukieflimansyah, menyebutkan, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap tahun. “Gubernur Cup NTB yang pertama ini sudah mampu mendatangkan kuda dari luar NTB. Mudah-mudahan bisa dilanjutkan di masa yang akan datang. Dengan kegiatan ini diharapkan agar masyarakat juga lebih dekat dengan pemimpinnya,” kata wakil rakyat asal Sumbawa ini.

Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi, menilai, menunggang kuda adalah salah satu olahraga yang diajarkan Nabi.  Adapaun jenis olah raga yang diajarkan Nabi, antara lain, memanah, berenang dan menunggang kuda. Dari joki ini, bisa mengajarkan anak-anak menjadi pemimpin. “Jika dibiasakan sebagai pemberani sejak kecil, maka akan berhasil ke depan,” puji gubernur.

Menurutnya, banyak olahraga yang tidak hanya mengajarkan ketangkasan dan keberanian. Salah satunya berkuda yang hampir hilang, kini dihidupkan kembali. Bahkan melahirkan kuda-kuda di NTB yang hebat.

Ia berjanji akan memberikan hadiah senilai Rp 25 juta bagi kuda terbaik, Rp 5 juta dari total tersebut akan diberikan kepada jokinya. (PSb)

KOMENTAR
Share Button

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, OLAHRAGA, WISATA & BUDAYA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>