KPUD Tetapkan DCT Pada September 2013

Sudirman, SIPSumbawa, PSnews — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumbawa, akan menetapkan daftar caleg tetap (DCT) pada awal September 2013 mendatang. Sejauh ini telah terjadi perubahan dalam daftar caleg sementara (DCS). Pertama, karena gagal administrasi khususnya di Dapil 4 dari Partai Gerindra. Kedua, disebabkan caleg Partai Golkar yang meninggal dunia.
Anggota KPUD Sumbawa, Sudirman, S.Ip, yang ditemui di sela-sela kegiatannya, Senin (12/08/2013), mengatakan, pihaknya akan menetapkan DCT pada awal September 2013. Sejak tanggal 9 hingga 23 Agustus pihaknya telah melakukan persiapan penetapan DCT. Nantinya DCT tersebut akan diparaf oleh seluruh parpol, setelah mengecek nama, alamat, gelar dan akan dijadikan sebagai poster di setiap TPS nantinya.
Terhadap dua orang politisi yang diganti dalam DCS, menurutnya, sesuai peraturan KPU nomor 13, Parpol diperbolehkan untuk menggantikan calon. Karena pada saat meninggal dunia masih ada kesempatan mengganti calon. “Kalau pada saat DCT ternyata gagal administrasi atau meningggal dunia, maka tidak bisa diganti,” terang Sudirman.
Ia menambahkan, mengenai adanya anggota DPRD yang belum diPAW oleh parpolnya dan telah mendaftar sebagai caleg ke parpol lain, sampai hari ini KPUD Sumbawa belum mendapat putusan resmi dari Mahkamah Konstitusi (MK).
Sudirman mengatakan, kalau memang benar ada dasar dari MK bahwa para caleg tersebut tidak perlu mengundurkan diri dari parpolnya, maka pihaknya tidak perlu menjadikan hal itu (PAW, red) sebagai bagian dari syarat bagi caleg yang pindah partai dan KPUD akan menghormatinya. Karena putusan tertinggi dalam penyelenggaran pemilu adalah putusan yang MK sifatnya mengikat dan final.
“Terhadap hal itu, nanti kita lihat dulu putusan MK nya. Intinya kami menghormati putusan MK yang bersifat final dan mengikat,” tutupnya. (PSb)

KOMENTAR

About PSnews

The mass media are reported on line about political, social, cultural and tourist attractions.
This entry was posted in DAERAH, POLITIK. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Or

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>